Your Nav Bar Here

Senin, 04 Juli 2011

Masakan Indonesia: Bale Raos, Jl. Suryo

Bapak gue jawa asli. Makanya kalo kita mau makan kemana-mana, pasti doi pengennya makan makanan tradisional. Jadi, makanlah kita di sebuah resto baru di Jl. Suryo (deket Blok S), yang bernama Bale Raos. Tulisannya sih mengesankan bahwa mereka menyajikan makanan para raja jawa. Pas banget sama bapak gue yang emang raden mas. Dan karena kali ini restonya resto Indonesia banget, jadi gue akan mencoba menulis post ini dengan 100% bahasa Indonesia hahaha
Kita pesen banyak: Salad Ayam Panggang, Sup Timlo, Paru Ragi, Lontong Kikil, Bistik Lidah, Gecok Ganem, dan Lombok Kethok. Namanya aja udah pada jawa banget. Di menunya, di bawah hampir setiap item ada deskripsi yang menyebutkan ini makanan favorit raja jawa yang mana. Sangat menarik, ternyata beneran makanannya keluarga kerajaan. Dan karena hal ini juga ada makanan yang rada kebarat-baratan, ternyata para sultan juga suka makanan yang rada barat.


Salad Ayam Panggangnya........unik. Bukan daun selada yang jadi dasar sayurnya, tapi kol! Ada sih seladanya, tapi yang dominan kol. Lucu aja. Ayamnya enak, tapi dikit banget. Dressingnya juara, kayak lemon vinagrette gitu, seger banget. Salad yang berbeda tapi oke sih lumayaan haha


Sup Timlonya manis. Bukan manis yang bagus. Gue ga suka banget dengan makanan asin yang jadi manis, misalnya bubur ayam yang dikasih kecap manis. Dan timlo ini berasa banget dikasih kecap yang banyak dan nggak diimbangi dengan asin atau pedes. Cuma manis hambar. Ugh.


Paru Ragi! Yummm paru yang enak. Sebenernya cuma paru sapi yang kayaknya diungkep terus ditaburi parutan kelapa yang diapain nggak tau gue yang jelas jadi gurih dan enak. Parunya empuk dan lembut, rasanya nyeresep, dan dipadu dengan kelapa yang lumayan garing, jadi teksturnya pas. Paling enak tentunya dimakan pake sambel dan nasi putih panas!


Pesenan gue, lontong kikil. Disajikannya dengan jeruk nipis dan sambel, jadi langsung aja gue campur semuanya. Dan wiiih kuahnya dahsyat, asem seger pedes gurih semuanya pas! Apalagi dimakan pake kerupuk. Dan lontong adalah salah satu karbohidrat favorit gue, jadi super enak. Walau mungkin lebih asyik kalo pake ketupat kali ya. Kikilnya enak juga, tapi dagingnya keras banget. Kecewa. Jadi gue nggak makan dagingnya dan makan kikilnya aja dan kuahnya habis tanpa sisa.


Bistik lidah ini ditemani oleh kentang tumbuk yang dibumbui dengan mentega dan sayuran. Bistiknya sendiri enak, lidahnya lembut, empuk, dan gurih. Yang jadi masalah adalah hidangan pendamping nya. Kentangnya rasanya kayak mentega pake kentang, bukan kentang pake mentega. Mentega itu enak, tapi kalo berlebihan bikin enek banget. Sayur yang dipotong-potong kecil itu dikasih semacam saos yang tampaknya sangat patut dipertanyakan. Rasanya sih biasa aja, tapi penampilannya lumayan membuat nafsu makan gue sedikit turun hahaha


Gecok ganem sebenernya kayak sayur lodeh tapi lebih putih dan isinya daging cincang. Gue ragu banget nyobainnya, tapi rasa dari makanan ini sangat tak terduga. Ternyata kuahnya sangat enak dan bola-bola daging cincangnya luar biasa. Juicy dan gurih, cocok banget, somehow, dengan kuahnya. Bener jangan menilai dari penampilannya.


Lombok Kethok, yang kalo kata bapak gue artinya cabenya keliatan. Isinya adalah daging dan berbagai cabe. Rasanya? Fantastis. Dagingnya empuk, dan bener-bener indah. Rasa manis kecap dan pedesnya cabe gede yang nggak terlalu mencolok bikin perpaduannya pas banget. Pake nasi pulen yang panas, wuidih! Enak banget.

Jadi, dari petualangan gue yang Indonesiana siang itu, gue menarik kesimpulan bahwa masakan Indonesia adalah masakan yang indah dan unik. Tentu, nggak semua perpaduan rasa dan variasi dari kuliner lokal kita pas di hati dan lidah gue, tapi gue cinta makanan Indonesia. Dan makanan Jawa tentu saja bukan pengecualian. Nikmatnya Lombok Kethok dan element of surprise yang dimiliki oleh Gecok Ganem membuat makan siang gue jadi berkesan. Ada yang nggak enak nggak papa, karena kalo lo nggak berani mencoba, lo nggak akan nemuin yang enak. Ya kan? ;--)








0 komentar:

Posting Komentar