Your Nav Bar Here

Sabtu, 18 Juni 2011

FOIE GRAS.

Post ini didedikasikan untuk salah satu epitome dari french cuisine: foie gras. Apa itu foie gras? Hati angsa yang udah digendutin supaya nikmat. Karena gue sangat rajin membaca tentang petualangan2 idola gue Tony Bourdain (who is French and a chef in a French restaurant), gue tentu sangat menginginkan mencoba foie gras. Cara dia menjelaskan indahnya foie gras when cooked right membuat gue menganggap kalo lo mau bilang diri lo foodie sejati, lo harus coba foie gras. So one night I went to a French restaurant. Rive, yang berada di bilangan jakarta pusat (sebaris sama Ragusa). Gue kesana karena adek gue ngidam escargot (dia escargot mania banget), tapi much to my pleasant surprise, ada foie gras di menu!!!! Gue pun dengan nekat dan gegabah memesan.

Kira-kira tampangnya kayak gitu, walau itu hasil googling. Bedanya, di Rive ini, sausnya kental karena merupakan some kind of raspberry reduction atau mungkin sejenis demiglace, dan juga disediakan 3 thin pieces of toast. Gue pun segera mencicipinya. Dan, W-O-W. Man. Dahsyat. Lembuuuuut banget, teksturnya kayak lemak wagyu. Rasanya juga kayak lemak, tapi ada taste rasa hati nya. Gue serasa diteleport ke sebuah desa kecil di Perancis (padahal belom pernah). Gue berasa ada Tony Bourdain di depan gue lagi nyuruh gue untuk meresapi kenikmatannya. Tapi emang rasanya lumayan overwhelming, kayaknya gue ga bakal kuat kalo makan lebih dari satu porsi. Adek gue gue suruh nyicip, hampir muntah di tempat. I guess I should say it's an acquired taste. But for y'all who love fancy and truly good food, harus coba. Versi Rive nggak terlalu mahal, gue pikir harganya bakal mencapai 500ribuan, tapi kalo gue ga salah inget sekitar 150an kok. Dan sekarang gue dengan bangga bisa memproklamirkan ke dunia bahwa gue sudah pernah makan foie gras, and saying it feels damn good.
PS: di Rive, selain foie gras, yang sangat enak adalah baked escargot. tapi escargot paling enak menurut gue ada di Y&Y, kalo kata adek gue di Potato Head. Maybe we should trust her on this one, she's a total escargot-head.

1 komentar:

  1. agree with Foie Gras ! the Nine Muses Club used to have excellent Foie Gras on their menu, too bad it's closed :( (sigh...so many good food, good music, most beautiful resto in Jakarta)

    BalasHapus